Selasa, 11 Januari 2011

Pelajar Harus Fokus ke UN, Bukan Pilkada


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta meminta pelajar yang menjadi pemilih pemula pada Pemilu kepala daerah kota tersebut agar tetap fokus pada persiapan ujian nasional (UN) dan bukan terbawa arus pada pelaksanaan Pilkada.

"Kami telah meminta kepala sekolah untuk tetap mengkondisikan hak politik siswa, tetapi siswa tetap diminta untuk konsentrasi pada persiapan ujian nasional," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Senin (10/1/2011).

Menurut dia, suasana politik di Kota Yogyakarta akan mulai memanas sekitar April atau bersamaan dengan pelaksanaan UN, khususnya untuk jenjang sekolah menengah atas (SM)/sederajat yang akan digelar pada 18-21 April 2011 mendatang."Siswa di kelas XII diminta tetap konsentrasi menghadapi UN," kata Edy. Pada UN 2011, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta memasang target adanya peningkatan jumlah kelulusan meskipun tidak akan bisa mencapai kelulusan 100 persen.

"Banyak variabel yang mempengaruhi tingkat kelulusan, misalnya jumlah sekolah, kondisi siswa dan tentunya kondisi lingkungan, termasuk politik yang tengah terjadi di Kota Yogyakarta," katanya.

Selain meminta siswa melalui masing-masing kepala sekolah untuk tetap menjaga konsentrasi belajar, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta juga akan menggelar sejumlah persiapan seperti pendalaman materi soal. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga DIY juga berencana menggelar tiga kali pendalaman materi serta masing-masing sekolah juga akan melakukan pendalaman materi.

"Bahkan, di sejumlah sekolah, juga telah melakukan tes untuk penjajagan nilai ujian nasional," kata Edy.

Tidak ada komentar: