Selasa, 25 Januari 2011

Hayooo... Siapa yang Mengawasi UN?

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta berencana membentuk tim pengawas ujian nasional dengan melibatkan unsur perguruan tinggi dan unsur lain sebagai antisipasi dihapusnya Tim Pemantau Independen. Tim pengawas ini juga diharapkan mampu meminimalisasi tindak kecurangan.

"Kami berusaha tetap bisa melibatkan berbagai unsur dalam pengawasan pelaksanaan ujian nasional," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Senin (24/1/2011).

Menurut dia, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta dan perguruan tinggi. Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi internal dengan seluruh pihak di dinas pendidikan. Sejumlah perguruan tinggi yang rencananya akan dilibatkan untuk mengawasi pelaksanaan UN di antaranya adalah Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada.

"Kami sedang meminta kedua universitas tersebut agar bisa mengirimkan personelnya untuk membantu pengawasan UN," katanya.

Sementara itu, keterlibatan Kementerian Agama dalam pengawasan pelaksanaan UN dilakukan karena Pendidikan Agama Islam akan dimasukkan sebagai mata pelajaran yang diujikan dalam UN. Edy mengatakan, keberadaan tim pengawas dari ketiga unsur tersebut juga akan dilegalkan melalui surat keputusan dari Wali Kota Yogyakarta.

"Melalui tim pengawas itu, kami berharap mampu meminimalisasi terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan UN," katanya.

Ia menargetkan, pada Februari nanti pembentukan tim pengawas tersebut sudah dapat dilaksanakan dan bisa langsung dilegalkan.

Tidak ada komentar: